MataBDG


MataBDG adalah sebuah program yang melakukan korelasi landcover dengan NDVI (Normalized Difference Vegetation Index), NDWI (Normalized Difference Water Index), NDBI (Normalized Difference Build-Up Index), dan LST (Land Surface Temperature) dan menampilkan data kualitas udara dengan studi kasus wilayah Kota Bandung.

Carousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel imageCarousel image


MataBDG

MataBDG adalah sebuah program yang melakukan korelasi land use land cover dengan NDVI (Normalized Difference Vegetation Index), NDWI (Normalized Difference Water Index), NDBI (Normalized Difference Build-Up Index), dan LST (Land Surface Temperature) dan menampilkan data kualitas udara. Korelasi tersebut menggunakan satelit Landsat 5 untuk tahun 1990-2012 dan Landsat 8 untuk tahun 2013-2021 pada Google Earth Engine dengan studi kasus wilayah Kota Bandung.

Data yang Ditampilkan

1. Data Indeks

Data-data indeks pada MataBDG yang tersedia pada rentang tahun 1990 sampai 2021 meliputi:

a. NDVI (Normalized Difference Vegetation Index)

NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) adalah nilai indeks yang dapat mengindikasikan tingkat vegetasi dari suatu wilayah sehingga dapat digunakan untuk mengetahui sebaran vegetasi dari suatu wilayah. Nilai-nilai negatif NDVI menandakan adanya awan, air, dan salju sedangkan nilai NDVI yang sangat kecil (0,1 atau kurang) menandakan adanya wilayah bebatuan, pasir, atau salju. Nilai sedang (0,2 hingga 0,3) menunjukkan semak dan padang rumput, sedangkan nilai besar (0,6 hingga 0,8) menunjukkan hutan beriklim sedang dan tropis.

b. NDWI (Normalized Difference Water Index)

NDWI (Normalized Difference Water Index) adalah indeks keterbasahan pada suatu lahan. Semakin rendah nilai NDWI maka menunjukkan semakin kering keadaan di lahan tersebut sehingga nilai NDWI yang paling rendah (di bawah 0) dapat mengindikasikan adanya urban atau lahan yang sangat kering, sedangkan nilai NDWI tinggi (di atas 0.5) dapat mengindikasikan perairan. Vegetasi juga dapat diindikasikan dengan nilai NDWI sedang tergantung dengan tingkat kebasahannya

c. NDBI (Normalized Difference Built-up Index)

NDBI (Normalized Difference Built-up Index) merupakan indeks yang digunakan untuk menunjukkan kerapatan lahan yang terbangun. NDBI digunakan karena bersifat sensitif terhadap lahan yang terbangun dan lahan terbuka. Nilai NDBI negatif (di bawah 0) mengindikasikan kemungkinan terdapat vegetasi dan lahan terbuka, sedangkan nilai NDBI positif (di atas 0) mengindikasikan kemungkinan terdapat bangunan yang terbangun pada wilayah tersebut.

d. LST (Land Surface Temperature)

Land Surface Temperature (LST) adalah banyak suhu permukaan bumi akibat pantulan objek yang terekam pada citra satelit dalam waktu tertentu. LST digunakan dalam berbagai aplikasi yang berhubungan dengan kondisi permukaan tanah seperti peningkatan penduduk, intensitas iklim mikro di kawasan penduduk, dll.

2. Data Landcover

Data landcover yang tersedia pada MataBDG adalah pada rentang tahun 1990 sampai 2021. Data landcover dari berbagai tahun ini dapat digunakan untuk melihat perubahan tutupan lahan (landcover) yang dapat mengindikasikan adanya peralihan fungsi lahan di wilayah Kota Bandung.

3. Data Kualitas Udara

Data kualitas udara yang tersedia pada MataBDG adalah pada tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021. Menurut Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 1999, baku mutu udara adalah ukuran batas kadar komponen pencemar udara yang dapat ditenggang keberadaannya dalam udara ambien. Udara ambien adalah udara bebas di permukaan bumi pada lapisan troposfer yang berada di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia yang dibutuhkan dan dapat mempengaruhi komponen lingkungan hidup. Baku mutu udara ambien nasional ditetapkan sebagai acuan batas maksimum mutu udara dalam pencegahan pencemaran udara.

Baku mutu udara ditetapkan berdasarkan beberapa zat polutan, seperti:

a. Kadar CO (Karbon Monoksida)

b. Kadar NO2 (Nitrogen Dioksida)

c. Kadar O₃

d. Kadar SO₂ (Sulfur Dioksida)

CO

NO2

O3

SO2